Menurut Anda, Seberapa besar sih penghasilan yang bisa diperoleh sebuah
blog? Dan apakah blog bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan pundi-pundi
uang? Pertanyaan semacam ini banyak diajukan oleh orang-orang yang ingin
mencari sumber penghasilan sebagai Blogger atau sekedar ingin
membenarkan diri bahwa menjadi Blogger itu tidak ada gunanya.
Barangkali jawaban pertanyaan ini justru kembali kepada Anda sendiri.
Seberapa besarkah penghasilan yang Anda inginkan dari aktivitas
blogging? Anda sendiri yang menentukan.
Yang pasti, dunia blogging sejatinya menawarkan teramat banyak peluang.
Sayangnya, terutama di Indonesia, peluang ini belum banyak dimanfaatkan.
Blog masih dianggap sebatas diary online, atau paling hanya dianggap
sebagai blog pribadi yang bersifat personal. Padahal, jika dikelola
secara serius dan profesional, blogging bisa sangat menguntungkan dan
memberikan penghasilan dalam jumlah yang bakal membuat mata siapapun
yang melihatnya melotot keluar.
Contoh nyata dari Blogger2 yang sukses meraup keuntungan dari blognya antara lain:
1. TechCrunch.com
TechCrunch pada awalnya hanya dikelola oleh Michael Arrington, seorang
pengacara yang sekaligus seorang tech geek. Saat ini, TechCrunch
digawangi oleh sejumlah editor yang bekerja sebagai tim. Niche blog ini
adalah teknologi dan starts up. Penghasilan per bulan yang diperoleh
TechCrunch adalah $200,000 (atau setara Rp.2.053.000.000!) dan terutama
bersumber dari iklan-iklan banner. Konon katanya, harga spot iklan
selama sebulan di TechCrunch adalah $10,000! (atau setara
Rp.102.650.000!).
2. Mashable.com
Mashable adalah blog yang dibuat oleh Pete Cashmore, seorang web
technology consultant dari Skotlandia dan saat ini diawaki oleh 10 orang
editor tetap. Blog dengan tag line “The Social Media Guide” ini
membidik niche social media sebagai sasarannya. Berdiri sejak tahun
2005, Mashable kini telah menghasilkan uang $180,000 (atau setara
Rp.1.847.700.000!) setiap bulannya. Sumber penghasilan utama Mashable
adalah dari iklan banner.
3. PerezHilton.com
PerezHilton adalah blog berita selebritis yang dibuat dan dikelola oleh
Mario Lavandeira. Mengambil nama plesetan dari Paris Hilton, blog dengan
niche entertainment dan mengusung tag line “Celebrity Juice, Not from
Concentrate” ini konon menghasilkan uang $140,000 (atau setara
Rp.1.437.100.000!) setiap bulannya. Sumber penghasilan utamanya berasal
dari iklan banner
4. Gothamist.com
Gothamist adalah blog tentang berbagai sisi kota New York. Dibuat dan
dikelola oleh Jake Dobkin, blog dengan tag line “New York City News,
Food, Arts and Events” ini banyak mendapatkan penghasilan dari iklan
PPC. Per bulan, penghasilan Gothamist ditaksir mencapai angka $80,000
(atau setara Rp.816.287.872!).
5. TimothySykes.com
Blog ini, sesuai namanya, dimiliki dan dikelola secara pribadi oleh
Timothy Sykes, seorang pialang dan manager hedge fund asal Amerika
Serikat. Dengan niche finance, blog Timothy Sykes terutama banyak
mendapatkan penghasilan dari penjualan produk-produk affiliasi keuangan.
Setiap bulannya, blog dengan tag line “Short Selling Penny Stocks” ini
setidaknya memberikan penghasilan $80,000 (atau setara Rp.816.287.872!).
6. VentureBeat.com
VentureBeat adalah blog berita teknologi dan starts up yang dikelola
oleh Matt Marshall. Berdiri sejak tahun 2004, Venture Beat setiap
bulannya menghasilkan uang $62,000 (atau setara Rp.636.429.998!) untuk
Matt Marshall. Sumber penghasilan utamanya berasal dari iklan PPC.
7. LifeHacker.com
LifeHacker adalah blog yang mengupas tentang tips-tips praktis dalam
kehidupan sehari-hari. Dikelola oleh Gina Trapani dan Nick Denton, blog
dengan tag line “Tips and Downloads for Getting Things Done” ini
menghasilkan $60,000 (atau setara Rp.615.899.999!) terutama dari iklan
banner.
8. TutsPlus.com
TutsPlus adalah blog unik yang berisi tentang berbagai tutorial dan
video tips-tips praktis. Dibuat oleh Collis Taeed dan diawaki oleh
sejumlah editor tetap untuk setiap segmen tutorial, TutsPlus yang
mengusung tag line “Mad Skills” ini menghasilkan $55,000 per bulannya
(atau setara Rp.564.575.000!). Sumber penghasilan utamanya adalah iklan
banner.
9. SmashingMagazine.com
Smashing Magazine adalah blog yang terutama ditujukan bagi para web
designers dan web developers. Setiap bulannya, Smashing Magazine
memberikan penghasilan $50,000 (atau setara Rp.513.250.000!) terutama
dari iklan banner. Dibuat oleh Vitaly Friedman, seorang web developer,
pada tahun 2006, Smashing Magazine kini dijalankannya berdua bersama
Sven Lennartz, seorang web designer asal Jerman.
10. StevePavlina.com
Seperti namanya, StevePavlina.com dimiliki dan dikelola secara pribadi
oleh Steve Pavlina, seorang guru pengembangan kepribadian asal Las
Vegas, Amerika Serikat. Blog dengan tag line “Personal Development for
Smart People” ini memiliki penghasilan $45,000 (atau setara
Rp.461.925.000!) setiap bulannya. Sumber penghasilan utamanya berasal
dari iklan PPC dan JV (Joint Venture).
BONUS ::
hehehehehehhe