facebook

Blogroll

Ketika sendok-sendok dijadikan karya seni unik




Sendok mungkin menjadi hal yang biasa kita lihat, namun ditangan seorang seniman. Sedok bisa dirubah menjadi maha karya yang unik bahkan bernilai mahal. Menurut gambar yang dikutip dari ide2gue.blogspot.com

Tempat Tusuk gigi:

Tengkorak tengkorak:

Tempat bumbu dapur:

Liontin buat pacar:

Kacamata:

Maen ice skating:

Maen Golf:

Hiasan dinding:

Hiasan:

Abstrak:

Bunga:

Lampu ruangan:

Pyramid:

Hiasan dinding:

Lampu:

Hiasan Kamar:

tempat barang:

Siput:

gantungan baju:

berantem:

Mancing:

5 Kapal Kayu Terbesar di Dunia



Banyak kapal megah didunia ini Namun hanya sebagian kapal terbuat dari kayu. nah berikut ini adalah kapal kapal didunia yang bentuknya sangat besar dan megah akan tetapi terbuat dari kayu. dibawah ini adalah kapal kapal itu.

Wyoming (137.16 m)

Kapal terbesar di dunia ini dibuat dari kayu dan dibangun pada tahun 1909 oleh perusahaan bernama Percy & Small. Kapal ini panjangnya 137,16 m dan beratnya diperkirakan 4.000 ton. Wyoming dilengkapi dengan mesin kerek jangkar Hyde dan mesin uap. Salah satu investornya adalah Gubernur Negara Wyoming sehingga kapal diberi nama sebagai Wyoming. Biayanya terhitung hampir $ 175.000.USS

Dunderberg (115 m)

Kapal kayu terbesar kedua yang dibangun di New York, Amerika Serikat. Panjangnya 115 meter, dengan kecepatan 15 knot. Kapal itu dibangun untuk dijual kepada Angkatan Laut AS, meskipun kapal ini tidak selesai sebelum perang American Libration War. The Dunderberg kemudian ditolak oleh angkatan laut Amerika Serikat dan kemudian dimusnahkan pada tahun 1874.

Caligula’s Giant Ship (104 m)

Kapal ini digunakan untuk mengangkut obelisk di Lapangan Santo Petrus dari Mesir atas perintah Kaisar Romawi Caligula. Kapal Caligula’s Giant panjangnya 104 meter, bisa membawa 800 kru awak. Kapal itu juga disebut round ship.

Pretoria  (102.1 m)

Kapal Pretoria dibangun di West Bay City, Michigan. Tujuan utamanya adalah untuk digunakan di Great Lakes. Sebagaikapal terbesar keempat di dunia panjangnya 103 meter, lebar 13,3 meter dan 7 meter kedalaman. Kapal itu bisa membawa 5.000 ton bijih besi, 175,000 gantang gandum, atau bahkan 300.000 gantang gandum. Sayangnya, kapal ini tenggelam karena badai pada tahun 1905

Great Republic (102.1 m)

Kapal itu rencananya akan diluncurkan pada 4 September 1853 tetapi karena peningkatan pesat dalam harga kayu, maka ditunda sampai 4 Oktober 1853. Dua bulan kemudian pada tanggal 27 Desember kapal itu terbakar dan hampir rusak total oleh api. Kapal itu dijual kepada Kapten Nathaniel Palmer kemudian dibangun kembali dan dimodifikasi. Great Republic kemudian beralih ke Denmark ketika dibeli oleh Merchants’ Trading Company. Memiliki kapasitas untuk membawa barang seberat 5.000 ton dengan perkiraan kecepatan 19 kn (35,2 km / jam). Kapal tua ini akhirnya ditinggalkan pada tahun

Orang Batak Yang Lolos Dari Kekejaman HITLER


10fc431012261c227a7947f6ad6764ad
Berikut adalah kisah yang dikutip dari infoaneh.blogspot.com tentang orang batak yang lolos dari kekejaman kamp konsentrasi Nazi Hitler. Semoga menambah wawasan!
Di DALAM tubuh Parlindungan Lubis, tidak setetes pun mengalir darah Yahudi. Dia Batak tulen dari Mandailing. Namun kenyataannya, dia harus mendekam selama lima tahun di kamp konsentrasi NAZI , dan masih beruntung bisa keluar dari tempat penyiksaan dan pembantaian yang sadis tiada tandingannya itu. Lubis mengisahkan pengalamannya yang luar biasa itu dalam sebuah otobiografi. Sudah agak lama beredar; namun buku tersebut masih tetap aktual sampai sekarang.
Pasalnya, dialah satu-satunya orang Indonesia yang mengalami langsung hari-hari mencekam di kamp konsentrasi Nazi. Tempat pembantaian yang mengerikan itu sengaja dibangun untuk mewujudkan impian gila Hitler, yaitu memusnahkan etnis Yahudi, kaum gay, orang-orang cacat, gipsi dan Saksi Jehovah.
Berikut ini Anda bisa menyimak mosaik-mosaik pengalaman Pandapotan Lubis yang sungguh dramatis itu, melalui resensi buku tersebut yang ditulis oleh Koencoro : Otobiografi Parlindoengan Loebis.
LUBIS berangkat ke Negeri Belanda untuk belajar Kedokteran, setelah lulus Kandidat I di Betawi (begitu dia menuliskannya). Semasa di Betawi, ia sempat aktif di Jong Islamieten Bond dan Jong Batak, yang kemudian bersama perhimpunan mahasiswa lain (selain Jong Java) bersatu membentuk PPPI dan Indonesia Moeda.
Di Leiden, tak lama ia direkrut Perhimpoenan Indonesia. Sepeninggal Hatta cs, PI bersifat kekirian, dengan garis Stalinis yang jelas. Sempat Lubis menjadi ketua, selama 3 tahun, dan membawa PI ke arah yang tak begitu kiri. Kerjasama dengan Partai Komunis Belanda dihentikan, lalu bekerjasama dengan Partai Sosialis (SDAP).
Kemudian PD II pecah. Mei 1940, saat Jerman bergerak ke barat, Belanda menyerah nyaris tanpa perlawanan. Dan bahkan kemudian kehidupan masih tampak normal dalam pendudukan Jerman. Sebelum serangan Jerman pun, partai NSB yang pro Jerman pernah memperoleh suara cukup besar (separuh suara) dari rakyat Belanda.
Selama pendudukan Jerman ini, Lubis sempat menyelesaikan kuliah di Leiden, lalu menikah di Haarlem, menjajagi bekerja di Utrecht, dan akhirnya membuka praktek di Amsterdam. Tapi kemudian, 26 Juni 1941, dua orang reserse Belanda menjemputnya. Loebis dipenjarakan, dan kemudian dipindahkan ke Kamp Konsentrasi. (Baru pada tahun 1945, Loebis mengetahui alasan penahanannya:
Ternyata Jerman sedang membuka front baru melawan Sovyet, dan para aktivis gerakan pro komunis ditakutkan menjadi partisan di belakang front). Kamp Konsentrasi yang pertama dihuni adalah Kamp Schoorl. Di sini, tawanan belum disuruh bekerja, tetapi hanya disuruh apel dan berolah raga. Kemudian seluruh isi kamp ini digabungkan ke Kamp Amersfoort. Di sini, tawanan memperoleh perkerjaan konstruksi, termasuk memasang kawat berduri. Juga mulai sering disiksa secara kejam, baik oleh orang Jerman, maupun terutama oleh orang NSB.
Lubis kemudian dipindahkan ke Kamp Buchenwald di Jerman. Di sini Lubis mulai kehilangan harapan untuk dibebaskan, kecuali perang berakhir dengan kekalahan Jerman. Ia memutuskan untuk hidup secara efisien dan tanpa hati, untuk bertahan hidup selama mungkin. Di Buchenwald, mereka membuka hutan di pegunungan berkabut, memecah batu, membuat barak, saluran air, listrik, bengkel, dll, selama 7 hari seminggu, 14 jam sehari. Tawanan sering dipukuli, bahkan hingga mati. Tawanan yang mengobrol ditembak.
Namun kemudian Lubis dipindahkan lagi, pada Oktober 1942, ke Sachsenhausen, ke instalasi pabrik pesawat perang Heinkel. Di sini situasi lebih baik. Kamp lebih difokuskan pada pekerjaan teknis, biarpun kekejaman masih berlangsung, dan menyita nyawa manusia segala bangsa di sana. Kali ini, dia ditugaskan sebagai dokter kamp, sehingga tugasnya lebih ringan. Lubis jarang mengulas tentang Yahudi. Ia beralasan bahwa barangkali para Yahudi dipisahkan, dan ditempatkan di kamp tersendiri. Atau barangkali … entahlah. Saat akhirnya pasukan sekutu berhasil masuk ke Jerman, Kamp kacau.
Para tawanan dan penjaga membentuk barisan tak teratur yang terus bergerak ke barat. Tawanan yang keluar barisan langsung ditembak di belakang kepala. Tapi banyak juga penjaga yang juga lari memisahkan diri. Mereka akhirnya berhenti di kampung Grabouw. Sempat barisan dari kamp lain bergabung. Dan akhirnya tentara Russia masuk juga ke kampung itu. Mereka resmi lepas dari tawanan. Tapi perlu waktu untuk memulihkan diri, dan mencari cara untuk lepas dari kawasan Russia, menyeberangi sungai Elbe, masuk ke kawasan Sekutu Barat, dan akhirnya kembali ke Belanda dengan kereta ke Maastricht, lalu naik mobil ke keluarganya di Amsterdam.
Namun, nun di timur, kemerdekaan Indonesia diproklamasikan, dan pada akhir 1945, berita itu mulai terdengar masyarakat Indonesia di Belanda. Lubis dkk langsung menyatakan diri bagian dari Republik Indonesia yang merdeka, dan kekikukan kemudian terjadi lagi. Sempat ada Kongres Pemuda Demokrat Sedunia di Cekoslovakia, dan Loebis ingin menghadiri kongres ini, atas nama Indonesia. Tentu Belanda tak memberikan pass, tetapi atas bantuan Inggris, dia bisa berangkat.
Sambutan untuk Indonesia amat meriah, membuat berang para pemuda Belanda. Lubis kembali ke Belanda menumpang tim Belgia. Pemerintah Belanda akhirnya memperbolehkan orang Indonesia kembali ke negerinya. Namun dengan status sebagai NICA. Banyak yang mengira bahwa ini adalah support yang baik, karena tidak menyadari bahwa NICA justru memusuhi Pemerintah Indonesia Merdeka. Lubis sempat menyadari, dan memberi peringatan kepada lainnya.
Namun saat ia bertolak pulang, ia diberi juga pangkat Mayor NICA, yang tentu ia tolak. Ia mengambil status sebagai dokter kapal, dan dalam status itu sempat menyelundupkan Dr Setia Boedi (Douwes Dekker) kembali ke Indonesia. Di Indonesia, Lubis meneruskan karir sebagai dokter, dan menolak berpolitik. Bekerja sebagai dokter di PT Timah, Belitung. Zaman kaum komunis Indonesia bangkit, Lubis difitnah dan dipensiunkan dini, karena dianggap tak mau mendukung kaum komunis. Tapi ia tetap tinggal di Belitung. Saat istrinya meninggal, baru ia pindah ke Jakarta. Lubis meninggal di ujung tahun 1994, nyaris tanpa perhatian dari bangsa kita.

10 Kota Dunia Dengan Harga Parkir Termahal


Guna mengatasi kemacetan di kota padat kendaraan, biasanya pemerintah setempat memberlakukan tarif parkir yang sangat tinggi. Tujuannya tidak lain agar pengguna kendaraan pribadi beralih pada angkutan umum.
Beberapa waktu lalu, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta juga mewacanakan penerapan tarif parkir menurut zona. Tiap zona tarifnya akan dinaikkan bervariasi hingga lima kali lipat. Tentu saja langkah ini guna membatasi lalu lintas di pusat Ibukota.
Pembatasan kendaraan dengan menaikkan tarif ‘gila-gilaan’ sebenarnya sudah dilakukan beberapa kota surplus kendaraan. MSN Autos baru-baru ini merilis 10 kota dengan tarif parkir termahal dunia. Tidak hanya di Eropa dan Amerika, kota-kota di Asia juga telah menerapkan tarif parkir supermahal.
Berikut 10 kota dengan tarif parkir termahal di dunia yang dikutip dari venusloves.blogspot.com :
1. London
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiVKHrl41x2yN_WRT5nSFr20HlxiN-mMDOeDHglRf0OQ69PxVDqKY3jdIgOHuO6JYC1iDP_ufWeIY2oLxmS4rea6SC9d9y9cG0mbPGxu_MwHTWj9KR9qCMAUVLJFwiIadZ7RGD71p18oT3X/s400/4.jpg
Anda bisa bangga tinggal di London, Inggris. Dekat dengan Istana Buckingham, dan Anda juga bisa melihat Big Ben, menara jam yang terletak di Gedung Parlemen di Westminster. Tapi Anda harus berfikir dua kali bila mengendarai mobil di sana. Ya. Kota ini menerapkan tarif parkir termahal di dunia. Bayangkan saja, dalam sebulan parkir langganan di sana dikenai 578,87 pound sterling atau sekitar Rp8,3 juta.
2. Hong Kong
http://goshycab.com/wp-content/uploads/2010/08/5.-Hong-Kong.jpg
Hong Kong mungkin hanya sebagai daerah administratif Republik Rakyat China. Tetapi Hong Kong sebagai negeri persemakmuran Inggris menerapkan tarif parkir yang mirip dengan London.
Sebagai pulau yang lalu lintas keuangannya tinggi, Hong Kong termasuk kota yang sempit. Karena itu Hong Kong menerapkan tarif parkir langganan hingga Rp6,6 juta per bulan.
3. Tokyo
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjQiwCxCG6w4S0T-eW9fGjyV1-56K1YAax9fnvQWQRrqFzMo56hbfOOX8vMHkN4wVRWZSpAxLq4S_pBsWamHcpBVOUTYOAOaQ5fQkksfnt5jOJKkNhOdPrvXjKXfs0KEfPg7vGgeW-cI3Q7/s1600/st_tokyo_f.jpg
Kota metropolitan yang hyper-modern, Tokyo benar-benar ditata seefektif mungkin. 13 juta orang berdesakan tinggal di pusat kota dan 39 juta yang lain di pinggiran kota membuat Tokyo harus menjaga dari kemacetan.
Tak heran bila kota ini memasang tarif parkir Rp5,8 juta per bulan. Bahkan untuk tarif harian mencapai Rp773 ribu per kendaraan.
4. Roma
http://www.top-things-to-do.com/europe/Rome_colliseum.jpg
Mengemudi di Roma, Italia, adalah sebuah pengalaman yang sangat mengesankan. Anda bisa mengelilingi kota dengan keindahannya.
Tapi kalau untuk urusan parkir Anda harus merogoh kantong Rp5,4 juta dalam sebulan. Tidak murah bukan?
5. Zurich
http://www.switzerland-trips.com/Zurich/Zurich-Switzerland.jpg
Sangat mudah mengenang kota di Swiss ini. Kota yang dipenuhi dengan gedung-gedung kuno sebenarnya bukan tempat parkir ideal. Zurich tidak banyak memiliki tempat terbuka, seperti Australia. Tapi untuk urusan parkir, kota ini memasang tarif sangat tinggi, Rp5,35 juta per bulan.
6. Sydney
Kota di Australia ini menempati urutan keenam untuk urusan perparkiran. Bagaimana tidak, kota ini menerapkan tarif parkir langganan Rp5,2 juta per bulan per kendaraan. 7.Perth

Lagi-lagi Australia. Kota di Australia Barat ini menerapkan parkir yang sangat tinggi, meskipun penduduk di kota ini tidak lebih dari 7 ribu orang. Tarif parkir bulanan rata-rata di kota ini sekitar Rp5 juta.
8. Brussel
http://www.hervan.be/images/photolib/1089.jpg
Ibukota Belgia ini menjadi salah kota termahal tarif parkirnya di planet ini. Bagaimana tidak, tarif parkir di sana Rp4,8 juta per bulan.
9. New York
http://www.freefoto.com/images/1210/11/1210_11_58---Statue-of-Liberty-New-York-City_web.jpg
New York adalah salah satu kota di negara bagian Amerika Serikat yang menerapkan tarif parkir cukup mahal. Tarif parkir langganan bulanan dibanderol Rp4,7 juta dan Rp358 ribu per hari.
10. Kopenhagen

Ibukota Denmark ini kota yang paling ramah lingkungan. 36 persen penduduk Kopenhagen pulang-pergi bekerja dengan sepeda. Penerapan tarif parkir yang sangat tinggi juga menjadi salah satu penyebab banyaknya masyarakat yang menggunakan sepeda. Bayangkan saja, tarif parkir langganan di sana mencapai Rp4,7 per bulan. Sedangkan tarif harian Rp372 ribu.

7 Fakta Mengenaskan Tentang Bunuh Diri


bunuh diri
Bunuh diri adalah hal yang paling tabu dilakukan orang didunia, Namun banyak orang memilih jalan ini untuk lepas dari semua masalah yang sedang dia hadapi.  Ternyata ada fakta menarik tentang bunuh diri yang menarik yang mungkin belum semua orang tau. Berikut ini adalah 7 Fakta Mengenaskan tentang bunuh diri :
  1. Satu juta orang di dunia per tahun melakukan bunuh diri. Artinya satu kematian setiap 40 detik. Kasus bunuh diri meningkat sebanyak 60% di 45 tahun terakhir.
  2.  Bunuh diri adalah penyebab kematian kesebelas terbanyak di Amerika sekaligus penyebab kematian kedua untuk orang berumur 25-34 tahun. Ada 91 kasus bunuh diri setiap hari. Berarti satu kasus setiap 16 menit.
  3. Jepang adalah salah satu negara dengan tingkat bunuh diri tertinggi di dunia. Pada 2009, lebih dari 30.000 orang bunuh diri. Alasan untuk bunuh diri di Jepang antara lain karena pengangguran, tekanan sosial dan depresi. 70% dari pelaku bunuh diri adalah pria. Bunuh diri adalah penyebab kematian pertama untuk umur dibawah 30 tahun. Lompat di depan kereta menjadi cara populer untuk bunuh diri di Jepang. Biaya kerusakan dan kecelakaan kereta ditanggung keluarga korban. Hotline bunuh diri di jepang mulai menerima lebih dari 1.300 laporan per minggu.
  4. Diperkirakan dari 12 hingga 25 usaha kasus bunuh diri, hanya satu yang berhasil. Di Amerika, 33.000 orang bunuh diri setiap tahun, artinya ada 825.000 orang yang mencobanya.
  5. Bunuh diri adalah penyebab kematian terbanyak ketujuh untuk pria, dan keenambelas untuk wanita. Tiga dari empat kasus bunuh diri dilakukan pria. Tiga dari kasus bunuh diri karena racun adalah wanita.
  6. Dalam skala per 100.000, tingkat bunuh diri orang Amerika asli adalah 15,1; orang kulit putih 13,9; orang kulit hitam 5 dan orang spanyol 4,9.
  7. Lebih dari 90% orang yang melakukan bunuh diri menderita kelainan mental atau pengguna narkoba. Sepertiga dari pelaku bunuh diri mengkonsumsi alkohol. Tidak benar kalau bunuh diri lebih banyak terjadi saat liburan. Faktanya, tingkat bunuh diri terendah adalah saat bulan Desember.

5 Prinsip Steve Jobs


Steve Jobs
Siapasih yang tidak tahu Steve Jobs? Salah satu dedengkot dibalik keberhasilan dan berdirinya Apple ini semasa hidup nya memiliki prinsip-prinsip. Berikut ini beberapa prinsip Steve Jobs yang paling banyak dikutip dan mungkin menjadi prinsip orang agar bisa sesukses bahkan melebihi Steve Jobs.

  1. Lakukan yang kamu suka. Steve Jobs pernah berkata pada sekelompok pegawai, “Orang-orang dengan gairah bisa mengubah dunia menjadi lebih baik.” Jobs mengikuti hatinya selama hidupnya dan gairah itu, katanya, yang telah membuat semua perubahan. Sangat sulit untuk membuat sesuatu yang baru, menjadi kreatif atau membuat ide novel kalau kamu tidak memiliki gairah untuk membuat kemajuan.
  2. Buat perubahan untuk dunia. Semangat adalah bahan bakar roket, tetapi visi mengarahkan roket ke tujuan akhirnya. Pada tahun 1976, ketika Jobs dan Steve Wozniak mendirikan Apple bersama, visi Jobs adalah untuk menempatkan komputer di setiap tangan orang setiap hari. Pada tahun 1979, Jobs melihat awal penggunaan grafis user interface yang ditunjukkan di tempat penelitian Xerox di Palo Alto, California. Dia segera tahu bahwa teknologi bisa membuat komputer menarik untuk orang biasa. Teknologi itu akhirnya menjadi Macintosh, yang mengubah segala cara kita berinteraksi dengan komputer. Peneliti Xerox tidak menyadari potensi dari teknologi tersebut karena visi mereka terbatas untuk membuat mesin fotokopi baru. Dua orang bisa melihat suatu hal dengan sama, tetapi mempresepsikannya berbeda berdasarkan visi mereka.
  3. Starter otakmu. Steve Jobs berkata, “Kreativitas berarti menghubungkan banyak hal.” Menghubungkan di sini berarti mencari inspirasi dari industri lain. Jobs pernah mengambil kelas kaligrafi yang tidak ia gunakan manfaatnya sampai ia membuat Macintosh. Dia juga pergi ke Asia dan India untuk belajar perhotelan dan desain. Jobs tidak “mencuri” ide sebanyak dia menggunakan ide dari industri lain tersebut untuk menginspirasi kreasinya sendiri.
  4. Jual mimpi, bukan produk. Bagi Steve Jobs, orang yang membeli rpduk Apple bukanlah “konsumen”. Mereka orang-orang dengan harapan, mimpi dan ambisi. Dia membuat produk untuk membantu orang meraih mimpi mereka. Dia juga berkata, “beberapa orang berpikir kamu gila karena membeli Mac, tapi di kegilaan itu kita melihat kejeniusan.” Bagaimana kita melihat konsumen kita? Mari kita bantu mengeluarkan kejeniusan mereka dan kamu akan mendapatkan hati dan pikirannya.
  5. Katakan tidak untuk 1000 hal. Steve Jobs pernah berkata, “Saya bangga dengan apa yang kita tidak lakukan dan kita lakukan”. Dia berkomitmen untuk membuat produk yang sederhana dengan desain rapi. Dan komitmen itu bisa dilihat dari produk-produk buatannya. Mulai dari desain iPod sampai iPad, kemasan produk Apple, sampai fungsi-fungsi di Websitenya. Di dunia Apple, inovasi berarti menghilangkan hal yang tidak perlu sehingga yang perlu bisa muncul.

Gedung Pencakar Langit Ini Lupa Dibuatkan Lift



Konyol, sebuah perusahaan konstruksi di Spanyol lupa menyediakan ruang untuk elevator pada gedung pencakar langit yang hampir selesai dibangun. Kekeliruan konyol itu terjadi dalam proyek pembangunan gedung apartemen megah bernama InTempo di kota tepi Pantai Benidorm, Spanyol, awal Agustus 2013.
Seperti dikutip dari unikgaul.com, menara InTempo yang dibangun setinggi 200 meter dengan jumlah lantai sebanyak 47 ini digadang-gadang menjadi simbol harapan akan bangkitnya perekonomian Spanyol yang tengah terpuruk karena krisis moneter.
Jika telah selesai, InTempo akan menjadi apartemen tertinggi di seluruh Eropa. Lokasinya di kota wisata yang terkena dengan sebutan New York dari Mediterania ini menambah gengsi gedung itu. Benidorm memang salah satu tujuan wisata orang kaya Eropa. Di kota ini banyak resor dan pencakar langit dibangun untuk menampung para wisatawan yang berlibur.
Beberapa bulan menjelang proyek pembangunan InTempo selesai, kontraktor menyadari ada yang kurang. Mereka lupa membangun jalur untuk elevator, alias lift untuk para penghuni.

Mereka kebingungan karena sudah tidak ada ruangan yang cukup untuk membangun akses lift beserta mesin-mesinnya yang besar di gedung ini.
Bagaimana bisa hal ini terjadi? Awalnya InTempo hanya didesain sebagai bangunan 20 lantai. Namun, perusahaan pengembang yang ambisius memutuskan untuk menambah jumlah lantai proyek kebanggaan mereka menjadi dua kali lipat dari rencana semula. Namun, resesi yang melanda Eropa pada 2008 membuat proyek konstruksi kacau.
Proyek InTempo menjadi kehebohan di Spanyol setelah sebuah surat kabar lokal, El Pais, mendapatkan dokumen pembangunan apartemen ini. El Pais juga memberitakan para arsitek yang merancang InTempo mengundurkan diri, sementara para pekerja konstruksi merana karena tidak mendapat bayaran selama empat bulan pada 2010.
Yang lebih parah, selama proyek ini masih berlangsung, para pekerja dibiarkan menaiki setiap lantai InTempo tanpa lift sama-sekali.

Mesin-mesin Raksasa yang Digunakan dalam Pertambangan


BWE3_zps0925e490
Dalam dunia pertambangan modern sudah tidak mengenal yang namanya sekop ataupun cangkul, perkembangan teknologi membuat kemajuan yang pesat dalam berbagai sektor Industri termasuk Industri Pertambangan. Indonesia sendiri termasuk negara yang kaya akan sumber daya mineral oleh karena itu terdapat banyak tambang di Indonesia baik itu dari skala kecil sampai skala besar seperti PT.Freeport Indonesia atau PT.Newmont Nusa Tenggara. Jadi kurang afdol gan bila orang Indonesia sendiri tidak mengenal alat-alat pertambangan, setidaknya agan nanti bisa menjelaskan ke anak istri kalo lagi liat alat-alat itu di TV. Oke langsung aja dibawah ini mesin mesin raksasa yang dikutip dari ide2gue.blogspot.com 

Alat Muat
Alat-alat pertambangan biasanya dikelompokan berdasarkan fungsinya, alat muat ini berfungsi untuk memuat bahan galian/mineral yang ditambang untuk selanjutnya di angkut ke tempat yang sudah ditentukan yang biasa disebut stockpile, sekedar informasi alat muat dan alat angkut itu berbeda gan. Contoh alat muat ini adalah Excavator atau Power Shovel
Ane akan share salah satu yang terbesar aja gan karena sebetulnya banyak banget jenis atau tipe excavator ini dan banyak merek juga. Gambar yang di atas adalah Liebherr Hydarulic Shovel raksasa ini di produksi oleh Libher Group, komplek perusahaan manufaktur jerman, dan salah satu terbesar di dunia untuk tipe sejenis. Alat ini digunakan untuk pekerjaan berat di pertambangan terbuka. kendaraan ini memiliki berat 656 ton. Dengan mesin diesel cummins K 180 E, 16 cylinder dan kapasitas 50,3 liter mampu menghasilkan daya sebesar 3000hp pada putaran mesin 1800rpm, sedangkan kekuatan untuk menggali tanah adalah 1.500 kN. Kapasitas tangki bahan bakar adalah 13.000 liter sedangkan kapasitas tangki hidraulik adalah 4.600 liter, dan tekanan maksimum hidraulik adalah 350bar. volume bucket sampai dengan 36 m3, atau setara dengan 60 ton sekali muatan.



BWE (Bucket Wheel Excavator)
Sengaja kali ini ane dahulukan dulu penjelasannya karena fotonya lumayan banyak. BWE ini termasuk mesin bergerak Terbesar yang pernah ada dalam sejarah manusia gan, agak lebay emang ane bahasanya tapi memang kenyataannya seperti itu
Bucket Wheel Excavator (BWE) adalah alat super berat yang digunakan di tambang terbuka. BWE terbesar (MAN Takraf RB293) juga menyandang gelar sebagai alat bergerak terbesar yang pernah diciptakan manusia. BWE paling efektif digunakan di tanah lembek yang tidak banyak mengandung batuan keras.
Komponen utama BWE adalah roda berputar besar yang dipasang pada sebuah lengan raksasa. Ujung roda ini kemudian dipasangi semacam ember besi (bucket) dengan gigi-gigi logam dipinggiran bucket yang digunakan untuk menggali tanah. Bucket ini terus berputar seiring putaran roda (wheel) yang kemudian dirancang untuk menumpahkan muatannya pada sabuk berjalan (belt conveyor) yang terdapat di badan BWE
BWE paling sering digunakan di tambang batubara. Perusahaan Indonesia yang mengoperasikan BWE adalah PT Tambang Batubara Bukit Asam (PTBA), digunakan untuk menambang cadangan batubara di Airlaya. Sedang negara yang banyak menggunakan BWE adalah Jerman. Menjadi lumrah ketika BWE terbesar pun dimiliki Jerman. BWE terbesar ini dibikin dengan biaya sekitar US$100 juta, membutuhkan 5 tahun pengerjaan serta memerlukan 5 orang untuk mengoperasikannya. (Perusahaan Indonesia juga ada gan yang menggunakan alat ini)



Alat Angkut
Sekarang kita bahas alat angkut, Alat angkut adalah alat yang digunakan untuk mengangkut bahan galian gan setelah bahan galian tadi dimuat menggunakan Exca selanjutnya akan diserahkan pada alat angkut ini untuk melanjutkan serangkaian proses penambangan. Alat angkut ini pada dasarnya berupa mobil, bisa berupa truk biasa yang sering kita lihat dijalan itu gan yang mereknya H*no. Tapi kali ini ane mau share truk yang luar biasa yang biasa disebut haul truck atau dump truck atau apalah orang2 menyebutnya terserah agan mau nyebutnya apa
Ini merupakan HT (Haul Truck) yang digunakan oleh salah satu perusahaan pertambangan Indonesia gan yaitu PT. Newmont Nusa Tenggara. Sekedar Informasi, PT.Newmont memiliki mainan semacam ini sebanyak 111 unit dengan konsumsi bahan bakar setiap harinya mencapai 4.800 liter/hari. HT di atas merupakan produk dari perusahaan yang agan sendiri pasti kenal dengan nama perusahaan yang satu ini… Ya.. Caterpillar. Caterpillar ini merupakan perusahan yang bergerak dibidang yang berkaitan dengan dunia pertambangan atau konstruksi gan. agan pasti kenalnya sepatu safety nya yaaa, sepatu Caterpillar merupakan sepatu yang biasanya dipakai oleh para Miner (penambang) karena fungsinya yang memang memiliki tingkat keamanan yang tinggi terhadap lingkungan sekitar.
Yang kedua yang akan dibahas adalah HT terbesar dari varian Caterpillar yaitu CAT 797 B.



Banyak perusahaan tambang kelas dunia, memelihara truck ini mengingat kemampuan dan durabilitynya yang sangat hebat, bahkan PT. Freeport juga memelihara mereka sebagai kendaraan angkut operasional mereka.
Bagaimana tidak, kalau melihat spek mesin, ukuran body, dan daya angkut si-monster caterpillar 797 memang sangat mencengangkan, apalagi kita sebagai orang awam yang biasa melihat truck-truck yang sering berseliweran di jalan dan menurut kita sudah paling besar.
Mesinnya adalah mesin diesel dengan konfigurasi V12 atau mempunyai 24 silinder piston, yang dapat menghasilkan tenaga sampai dengan 3211 hp 2394 Kw, jadi beban angkut yang bisa dibebankan kedalam truck ini adalah 360 ton, dengan kecepatan maksimal dengan muatan dapat mencapai 60 km/perjam, untuk memperoleh tenaga besar seperti ini truck ini diharuskan mengkonsumsi solar sebanyak 250 liter perjamnya.
Lalu bagaimana dengan bodynya ? ukuran tinggi dengan muatan sekitar 7.2 meter, dengan panjang 14.05 meter, jadi bisa dibilang, seakan-akan agan mengemudikan rumah dengan tiga lantai, dan berroda pula, operasional untuk kendaraan ini 24 jam, 365 hari per tahun, dan mesin akan berhenti apabila waktu perawatan tiba, biasanya satu tahun sekali, bisa dibilang selama setahun monster ini terus bertugas penuh.
Selain rekor dunia sebagai kendaraan angkut terbesar, truck ini juga mencatatkan sebagai ban terbesar dan termahal di dunia, jadi bagi anak-anak modif yang ngakunya punya pelek dan ban mahal boleh adu gengsi sama ban monster ini, betapa tidak bannya khusus dirancang oleh Michelin dengan ukuran diameter 4.028 meter, dengan berat 5.3 ton, kalau anda mau cari ditoko ban langganan agan silahkan cari ban Michelin type 59/80R63 XDR, dan harganya Cuma sekitar US $42.000 saja. HARGA BAN NYA AJA 42.000 dollar gan kira2 Rp.420.000.000 satunya!
Tertarik untuk memilikinya sebagai kendaraan operasional agan?? cukup menghubungi dealer Caterpillar terdekat, dengan membayar seharga 4.7 juta s/d 5.6 juta US dollar (tergantung type) maka agan akan segera memiliki monster ini. Murah kan?? Yaa kira-kira 47-56 Milyar/Unit saja gan agan sudah bisa memiliki mainan yang satu ini.