facebook

Mitos vs Logika 2




Jadi sebenernya aku ngepost postingan ini sambil menahan mangkel gara-gara kecepatan internet saya yang amit-amit lemotnya dan harus nahan suara gara-gara mamih saya baru nelpon heboh di balkon depan kamarku. Kalo aku ga punya aturan, udah dari tadi aku bunuh orang.

Hmm..
Liburan ini, bener-bener ga ada kerjaan! Kalo nonton tipi, makan, nyemil, sama tidur itu dianggep kerjaan, ya itulah kerjaanku selama sebulan ke depan. Mau dibilang siswa, kok udah lulus. Mau dibilang mahasiswa, kok belum kuliah. Jadi ya.. Panggil saja aku pengangguran. Berasal dari kata dasar anggur, dengan prefiks pe-an. Pe+anggur+an=pengangguran. *Ketahuan ya nilai bahasa Indonesiaku berapa?*

Jadi tadi iseng-iseng, baca berita tentang kecelakaan maut di deket rumahku kurang lebih 9 hari lalu. Terus baca artikel di salah satu surat kabar online tentang kejadian sebelum kecelakaan. Jadi kepikir tentang mitos-mitos orang jawa!

Aku kan orang Jawa thothok, alias jawa murni ndak ada turunan dari bangsa iblis atau setan lain kalo melihat mbah kakung-mbah putri dari bapak ibu. Kalo buyutku yang dulu kalo ada turunannya, ya ndak tau saya! *ngomong apa saya? bingung! *. Kembali ke topik, intinya saya mau membahas tentang beberapa mitos jawa yang beredar.

  1. Jangan berdiri di pintu, nanti susah dapet jodoh. Apa hubungannya pintu dengan jodoh? Apakah pintu bisa seperti Mama Lauren yang bisa meramal jodoh? Menurut logisku, kalo berdiri di pintu itu bisa masuk angin, jadi kalo masuk angin ga bisa ngider mejeng cari pacarkan? Mungkin juga kalo ada orang stres yang baru negative thinking malah bisa ngira kita orang yang mau maling.
  2. Jangan ngintip orang mandi, ntar bintitan.
    Jadi kira-kira dua tahun lalu, aku harus pasrah sepasrah-pasrahnya waktu dokter bilang aku harus insisi atau operasi kecil di mata kanan. Yang namanya operasi, pasti bikin keder. Tapi demi kemaslahatan, ya sudah saya harus mau. Setelah insisi, sebagai siswa yang baik dan rajin, aku masuk sekolah sebagai nona bajak laut karena mata kananku dibalut.
    Aku: (mringis-mringis nahan senut-senut)
    Ms. Y: "Ten, matamu kenapa?"
    Aku: "Habis insisi"
    Ms. Y: "Insisi itu apa? Emang matamu kenapa?"
    Aku: "(jelasin insisi).. Ga tau nih, mataku ada benjolannya, radang katanya"
    Ms. Y: "(melongo, entah mudeng atau enggak).. Kamu sering ngintip orang ya?"
    Aku: (pengin ngelindes temenku itu)
    Kalo dilogika, orang dulu kan rumahnya rata-rata pake gedheg, itu lho anyaman bambu yang dijadiin tembok semi permanen. Di gedhek itu salah satu surga organisme tinggal. Jadi mungkin dulu waktu orang ngintip lewat celah-celah gedheg ada organisme yang transmigrasi ke mata dan jadilah mata orang itu bintitan.
  3. Jangan potong kuku malem-malem, ntar kukunya dimakan setan. Dulu, aku nangis sejadi-jadinya waktu dibodohi oleh orang dewasa dengan mitos itu. Tapi sekarang saya lebih sedikit pintar dengan berlogika! Dulu kan masih jarang listrik, jadi kalo malem-malem itu remang-remang, jadi kalo potong kuku, takutnya bukan cuma kuku yang kepotong, tapi juga dagingnya.
  4. Jangan duduk di atas bantal, nanti bisa pantatnya bisulan. Bwahahaha.. Kalo ini lebih ke arah estetika. Bantal buat tempat kepala buat tempat pantat! Kalo bantal buat duduk itu ada sendiri, bentuknya kan lebih gepeng dan tipis.
  5. Jangan makan sambil tiduran, nanti kepalanya jadi besar kaya hydrocephallus. Kata orang dulu, makanannya ga bisa masuk ke perut tapi otak. Bwahahaha.. Ga mungkinlah! Makanan itu punya jalur sendiri langsung ke perut, jadi ga mungkin masuk kepala. Tapi memang posisi terbaik buat makan itu ya sambil duduk. Soalnya kalo posisi berdiri atau tidur itu, apendiks atau usus buntu tidak tertutup. *Aku males nerangin tentang mekanisme menutupnya usus buntu, maaf*
Sebenernya masih banyak mitos-mitos lainnya yang konyol, tapi jari-jariku udah minta istirahat. Huhu..