facebook

Kisah Manusia Tertua Berusia 130 Tahun dari Sumenep




Boleh percaya atau tidak, manusia tertua ternyata ada di Sumenep, Jawa Timur. Usianya lebih dari 130 tahun. Meski telah sangat tua, kakek itu masih terlihat sehat.

Safiuddin, namanya. Ia merupakan Warga Dusun Barat Sungai, Desa Matan Air, Kecamatan Rubaru. Usia yang lebih dari seabad ternyata tidak menghalangi Safiuddin untuk melakukan pekerjaan sehari-hari secara mandiri.

Buktinya, untuk keperluan mandi, ia masih bisa menimba air di sumur sendiri. Safiuddin memiliki kebiasaan unik. Setiap kali mandi, ia selalu mengucap dua kalimat syahadat. Secara rutin, ia menjalankan salat lima waktu di musala dekat rumahnya. Usai salat, ia lalu membaca Surat Yasin. Safiuddin masih bisa dapat membaca dengan jelas ayat-ayat yang ada di dalam surat tersebut.

Ingatan Safiuddin pun masih cukup kuat. Ditemui tim Metro TV, Rabu (19/6), Safiuddin menceritakan peristiwa yang terjadi pada masa kecilnya dulu. Ia pernah melamar menjadi prajurit pada saat Indonesia berjuang mengusir penjajah Belanda. “Namun karena usia masih belum memenuhi syarat saya tidak bisa ikut berperang mengusir penjajah Belanda,” ujarnya.

Safiuddin saat ini tinggal bersama satu orang anak dan empat orang cucu. Sehari-hari Safiuddin hanya menikmati masa tuanya dengan bersantai di rumah dan menjalani rutinitas ibadah.