facebook

Keajaiban 8 Gelas Air Putih


 


Mengapa harus minum air putih sebanyak-banyaknya? Sebenarnya jawabannya “cukup mengerikan” tetapi dapat dijelaskan sebagai berikut : Kira-kira 80% tubuh manusia terdiri dari air. Malah ada beberapa bagian tubuh kita yang memiliki kadar air lebih dari 80%.
Dua organ paling penting dengan kadar air lebih dari 80% adalah darah dan otak. Otak memiliki komponen air sebanyak 90% sementara darah 95%. Jatah minum manusia normal dalam sehari adalah 2 liter atau 8 gelas. Jumlah diatas harus ditambah jika anda perokok. Air sebanyak itu diperlukan untuk mengganti cairan yang keluar dari tubuh kita melalu air seni, keringat, pernapasan, dan sekresi.
Apa yang terjadi bila kita mengkonsumsi kurang dari 2 liter sehari? Tentu tubuh akan menyeimbangkan diri. Bagaimana caranya? Dengan jalan menyerap air dari komponen tubuh sendiri. Apakah dari otak? Lalu bagaimana kalau otak kita kering? Ternyata bukan otak tapi dari sumber terdekat yaitu darah. Darah yang diserap airnya akan menjadi kental. Akibat pengentalan darah ini, maka perjalanan darah akan kurang lancar dibandingkan dengan yang encer.
Saat melewati ginjal (tempat menyaring racun dari darah) ginjal akan bekerja ekstra keras untuk menyaring darah. Dan karena saringan dalam ginjal itu halus, tak jarang darah yang kental menyobek glomerolus dalam ginjal. Akibatnya air seni anda berwarna kemerahan, tanda mulai bocornya saringan ginjal. Bila dibiarkan terus menerus, anda mungkin pada suatu saat akan menghabiskan 400rbu seminggu untuk cuci darah. Saat darah kental mengalir lewat otak, perjalanan akan terhambat. Otak tidak lagi “encer”. Dan karena sel otak adalah sel yang paling banyak menkonsumsi makanan dan  oksigen, lambatnya aliran darah ini bisa menyebabkan sel otak mati atau tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Bila ini ditambah dengan penyakit jantung (yang juga kerjanya bertambah berat bila darah mengental), maka serangan stroke bisa lebih lekas datang.
Sekarang pilihan ada ditangan anda ; melakukan “investasi” dengan minum sedikitnya 8 gelas perhari atau membayar “bunga” lewat sakit ginjal atau stroke.