facebook

Fakta Unik dan Menarik Tentang Kucing


 Kucing merupakan binatang peliharaan yang sangat lucu dan menggemaskan. Selain itu, binatang ini juga sangat mudah dipelihara daripada hewan lainnya karena kucing tidak perlu dimandikan setiap hari, tidak perlu diajak berjalan jalan dan kucing dapat merawat diri sendiri. Tentunya pilihan yang tepat jika anda ingin memiliki hewan peliharaan tanpa direpotkan dengan perawatannya. Kucing juga banyak sekali jenis dan rasnya, ada kucing persia, kucing anggora, campuran dan kucing kampung yang sangat mudah kita temukan. Namun di balik kelucuan kucing tersebut, ternyata banyakfakta unik dan menarik tentang kucing.

Fakta Unik dan Menarik Tentang Kucing

Pendeteksi Gempa Bumi yang Paling Sensitif
Ternyata bukan hanya alat seismograf yang dapat mendeteksi keberadaan gempa bumi, bahkan kucing saja juga bisa mendeteksi gempa bumi dengan mudah. Kucing memiliki kaki yang sangat sensitif terhadap getaran getaran yang berada di bawahnya, sehingga membuat kucing ini menjadi lebih sensitif terhadap gempa bumi. Ketika ada gempa bumi, kucing akan merasakan terlebih dahulu dan dia akan berperilaku aneh tidak seperti biasanya. Walaupun belum adanya bukti kuat yang telah membuktikan bahwa kucing mampu mendeteksi gempa bumi namun banyak peneiliti yang yakin bahwa di bagian telapak kaki kucing memiliki respon yang sangat baik jika terdapat getaran-getaran kecil sekalipun.

Saling Menyapa Menggunakan Hidung
Jika kita sebagai manusia saat menyapa atau bertemu yaitu dengan berjabat tangan, lain lagi dengan binatang yang satu ini. Kucing telah terbiasa berinteraksi dengan sesamanya dengan menggunakan hidung mereka. Ketika bertemu dengan kucing lain, maka keduanya akan saling menyapa dengan saling menyentuhkan hidung mereka. Dengan cara ini kucing dapat mengenali kucing yang lainnya. Selain itu, kucing juga dapat mengetahui bagaimana keadaan kucing yang lain dengan saling menyentuhkan hidungnya apakah kucing tersebut dalam keadaan sakit atau dalam keadaan sehat. Oleh karena itu kucing juga memiliki persahabatan yang erat layaknya manusia dengan manusia yang lainnya.

Kucing Mendengkur
Ketika anda menemui kucing yang tertidur nyenyak pasti anda akan mendengar dengkuran yang datang dari kucing tersebut. Kucing memiliki kebiasaan mendengkur yang tidak bisa dihilangkan, ketika tidur saat kucing menghirup dan mengeluarkan nafas mereka akan berdengkur. Bahkan hingga saat ini para peneliti dan ilmuwan belum menemukan dan belum mengetahui secara pasti apa penyebab kucing mendengkur tersebut. Namun ada beberapa peneliti yang yakin bahwa dengkuran itu bersumber dari tenggorokannya tepatnya pada saluran kardiovaskular. Berbeda umur seekor kucing maka berbeda pula bunyi dengkurannya, hal ini dapat anda ketahui dengan cara mendengarkan dengkuran kucin tua dan kucing yang masih muda atau kecil. Kucing tua cenderung lebih lemas dan nadanya lebih rendah tak seperti kucing kecil.